Senin, 01 November 2010

pengantar bisnis BAB 7



Pengertian dan  konsep pemasaran

·        Pengertian pemasaran
Pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian tentang : penjualan, perdagangan, dan distribusi.
Devinisi yang dikemukakan oleh Wiliam J. Staton, pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasayang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli.
·        Penciptaan kaedah kepada pembeli

Selain pemasaran, kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah:
1.      Produksi yang membuat barang-barang
2.      Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut.

Faedah adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.
Macam-macam faedah yaitu:
a.       Faedah bentuk
b.      Faedah waktu
c.       Faedah tempat
d.      Faedah milik
e.       Faedah informasi

·         Konsep pemasaran
Konsep pemasaran merupakan alsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan. Konsep pemasaran ini banyak dianut oleh perusahaan modern yang ingin mencapai laba jangka panjang denagn berorientasi  kepada konsumen atau pasar.


·         Pendekatan studi pasar
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu:
Ø  Pendekatan serba fungsi
Ø  Pendekatan serba lembaga
Ø  Pendekatan serba barang
Ø  Pendekatan serba sistem
Ø  Pendekatan serba manajemen

·         Pendekatan serba fungsi
Fungsi pokok pemasaran adalah :
a.       Penjualan
Fungsi penjualan merupakan sumber pendapatan yang diperlukan untuk menitup longkos-ongkos dengan harapan mendapatkan laba.
b.      Pembelian
Fungsi pembelian bertujuan memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan dalam perisahaan dengan harga, pelayanan dari penjual dan kualitas produk tertentu.
c.       Pengangkutan
Pengumgsian merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang di konsumsikan.
d.      Penyimpanan
Penyimpanan merupakan fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang selesai diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsikan.
e.       Pembelanjaan
Pembelanjaan adalah fungsi mendapatkan modal dari sumber akstern guna menyelenggaraan kegiatan pemasaran.
f.       Penanggungan resiko
Penanggung resiko adalah fungsi menghindari dan mengurangi resiko yang berkaitan dengan pemasaran barang.
g.      Standardisasi dan grading
Standarisasi adalah penentuan batas-batas dasar dalam bentuk spesifikasi barang-barang hasil manufaktur, ksadang-kadang disebut normalisasi.
Grading adalah usaha menggolong-golongkan barang ke dalam golongan standard kualitas yang telah mendapat pengauan dunia perdagangan.
h.      Pengumpulan informasi pasar
Keterangan ini semuanya diperlukan oleh pengusaha untuk menentukan tindakan-tindakan guna mencapai keuntungan maksimal.
Sebenarnya kedelapan fungsi pokok pemasaran tersebut dapat dimasukan kedalam tiga macam fungsi, yaitu:
o   Fungsi pertukaran, meliputi: pembelian dan penjualan
o   Fungsi penyediaan fisik, meliputi: pengangkutan dan penyimpanan.
o   Fungsi penunjang , meliputi: pembelanjaan, penanggung resiko, standardusasi dan grading, serta poengumpulan informasi pasar.

·         Pendekatan serba lembaga
Mempelajari pemasaran dari segi organisasi/ lembaga-lembaga yang terlibat dalam rangka pemasaran ini.
Lembaga tersebut adalah :
o   Penyedian bahan/supplier yang menyediakan bahan kepada produsen.
o   Produsen yang mengolah bahan menbjadi bahan jadi.
o   Perantara perdagang
o   Perantara agen
o   Perusahaan saingan
o   Pembeli akhir.

·         Pendekatan serba barang
Pendekatan serba barang disebut juga pendekatan organisasi industry, merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir ke konsumen industri.

·         Pendekatan serba barang
            merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.

·         Pendekatan Serba Manajemen
            Mempelajari pemasaran dengan menitikberatkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.

·         Pendekatan Serba Sistem
            Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran,barang,jasa,ide,orang,dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh,dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

Struktur Organisasi Pemasaran

            Sebagai salah satu fungsi poko dalam perusahaan,pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaa.manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan kedalam dua sub bagian:
1. sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang.
2. sub bagian penjualan umum.
                                               
                                                Pasar

1.      Pengertian Pasar

            Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.,yang terdapat dalam pasar:
1. orang dengan segala keinginannya
2. daya beli mereka
3. kemauan untuk membelanjakan uangnya.

2.    Macam-macam Pasar

Pasar dapat dikelompokan kedalam 4 golongan
1. pasar konsumen
2. pasar industri
3. pasar penjual
4. pasar pemerintah

3.     Segmentasi Pasar

    
            Segementasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari satu produk ke dalam satuan-satuan pasar(segmen pasar)yang bersifat homogen.

                                         Marketing Max dan Produk

*  Pengertian Marketing Mix

            Marketing mix adalah kombinasi dari empat atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem persamaan perusahaan,yakni:produk,struktur harga,kegiatan promosi,dan sistem distribusi.

*  Pengertian Barang
    
                        Barang atau produk adalah satu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba,termasuk bungkus,warna,harga,prestise perusahaan dan pengecer,pelayanan perusahaan dan pengecer,yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan dan kebutuhannya.

*  Penggolongan Barang menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongkritannya

    
            Penggolongan ini menunjukkan berapa kali sebuah barang dapat      digunakan,apakah sekali,dua kali atau beberapa kai,atau sekian banyak kali.selain itu        ,penggolngan tersebut juga menunjukan konkrit tidaknya suatu barang,sehingga barang-     barang dibagi kedalam:
     1. barang tahan lama
     2. barang tidak tahan lama
     3. jasa

Penggolongan Barang Menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
    
            penggolongan barang menurut tujuan pemakainya oleh sipemakainyaini banyak      digunakan karna peraktis.dan golongannya yaitu:
1. barang konsumsi
2. barang industri

 Siklus Kehidupan Barang (product Life Cycle)
           
            Seperti halnya manusia,barang juga memiliki siklus kehidupan/umur yang terdiri atas beberapa tahap sejak barangdiperkenalkan,sampai tidak lagi terdapat di pasaran;ini disebut sebagai siklus kehidupan barang.tahap-tahap siklus kehidupan barang :
1. tahap perkenalan
2. tahap pertumbuhan
3. tahap kedewasaan dan kejenuhan
4. tahap kemunduran

*  Merk
           
            Brand/merk adalah satu nama ,istilah simbul,atau disain yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang yang dihasilkan oleh pesaing.

                                    Saluran Pemasaran

Pengertian Saluran Pemasaran
           
            Saluran pemasaran Adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.

• Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri

• Saluran Distribusi Ganda

            Ada beberapa masalah yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan distribusi.Faktor-faktornya adalah:
1. jenis barang yang dipasrkan
2. produsen yang menghasilkan produknya
3. penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
4. pasar yang dituju

• perantara saluran
           
            Dalam operasinya perantara saluran melaksanakan berbagai macam fungsi pemasaran seperti: penyimpanan pengangkutan dan sebagainya

• Pedagang besar

            Merupakan salah satu lembaga saluran yang penting terutama untuk menyalurkan barang konsumsi

• Pengecer
Jenis-jenis pengecer:
1. general marchendise store
2. single-line store

• Agen

Jenis-jenis agen :
1. agen penjualan
2. agen pembelian
3. agen pengangkutan

• jumlah perantara dalam saluran

3 alternatif yang dapat ditempuh oleh produsen :
1. distribusi intensif
2. distribusi selektif
3. distribusi eksklusif

• distribusi fisik

            pada pkoknya ,dua masalah penting yang terdapat dalam kegiatan distribusi fisik ini adalah :
1. pengangkutan
2. penyimpanan

                                                Penentuan Harga

            Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
 Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga
1. keadaan perekonomian
2. penawaran dan permintaan
3. elastisitas permintaan
4. persaingan
5. biaya
6. tujuan perusahaan
7. pengawasan pemerintah

• metode-metode penetapan harga
1. penetapan harga biaya plus(cost-plus pricing method)
2. penetapan harga mark-up (mark-up pricing method)
3. penetapan harga break-even (break even pricing)

• politik penetapan harga
(1)penetapan harga psikhologis,
(2)price lining
(3)potongan harga
(4)penetapan harga geografis

                                    Promosi dan Periklanan

• promosi
            salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya.
• Periklanan
           
            Periklanan Adalah komunikasi non-individu,dengan sejumlah biaya,melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan,lembaga non-laba,serta individu-individu

                        Personal Selling,Promosi Penjualan,dan Publisitas

• Persunal selling
           
            Persunsl selling Adalah interaksi antar individu,saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan,memperbaiki,menguasai,atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.

• Promosi penjualan
           
            Promosi penjualan Merupakan istilah yang berbeda dengan istilah promosi meskipun sama-sama menggunakan kata promosi.

• Publisitas
           
            Publisitas merupakan salah satu kegiatan promosi kegiatan yang dilakukan melalui suatu media.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar